Har Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Strategi Pembelajaran

Thursday, December 3, 2009

Share this history on :

Strategi Pembelajaran Akif

Yaitu Suatu pembelajaran yang mengajak peserta didik untuk belajar secara aktif. Ketika perserta didik belajar secara aktif, berarti mereka mendominasi aktifitas pembelajaran. Dengan ini mereka secara aktif menggunakan otak, baik untuk menemukan ide pokok dari materi pembelajaran, memecahkan persoalan atau mengaplikasikan apa yang baru mereka pelajari ke dalam satu persoalan yang ada dalam kehidupan nyata.

Dengan belajar aktif ini, peserta didik di ajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental, akan tetapi juga melibatkan secara fisik. Dengan cara ini biasanya peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan.

Mengapa Harus Belajar Aktif?

Mengajar yang baik, bukan sekedar mentransfer pengetahuan kepada peserta didik, akan tetapi bagaimana membantu peserta didik supaya dapat belajar. Belajar aktif itu sangat diperlukan oleh peserta didik untuk mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Ketika peserta didik pasif, atau hanya menerima dari tutor, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah di ajarkan. Oleh karena itu diperlukan perangkat tertentu untuk dapat mengkat informasi yang baru saja diterima dari tutor.

Belajar aktif adalah salah satu cara untuk mengikat informasi yang baru, kemudian menyimpannya di dalam otak.

Ada beberapa metode pembelajaran aktif;

1. Learning start with a question

Yaitu cara agar peserta didik aktif bertanya tentang materi pelajaran sebelum ada penjelasan dari tutor. Strategi ini dapat menggugah peserta didik.

Langkah-langkahnya;

  1. Memilih bahan bacaan yang sesuai kemudian membagikan kepada peserta didik
  2. Meminta peserta didik untuk mempelajari sendiri atau dengan teman
  3. Meminta peserta didik untuk memberi tanda, hal-hal yang belum dipahami.
  4. Meminta peserta didik untuk membuat pertanyaan tentang materi yang mereka baca.
  5. Mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan dari peserta didik dan menjawab pertanyaan tersebut.

2. Jig Saw Learning

a. Memilih materi pelajaran yang dapat di bagi menjadi beberapa bagian.

b. Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok kecil, 5-10 orang.

c. Setiap kelompok mendapatkan tugas membaca dan memahami materi pelajaran yang berbeda-beda.

d. Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari.

e. Mengembalikan suasana kelas seperti semula kemudian menanyakan sekiranya ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.

f. Memberikan beberapa pertanyaan kepada peserta didik untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment