Har Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Musik Etnik “Mandilaras” Pamekasan Madura

Monday, November 28, 2011

Share this history on :

image

Musik etnik “Mandilaras” adalah musik gaul dari sanggar seni yang berada di Jl Pramuka Pamekasan Madura. Seni musik tradisional madura ini dimainkan beberapa anak muda dengan alat musik yang sangat sederhana, namun alunan terdengar sangat bagus dan rancak.

mandilaras pernah dipentaskan di Yogyakarta dan mendapatkan juara. Mandilaras memang musik gaul yang sangat bagus dan keberadaan harus dilestarikan, pemain banyak anak muda yang sangat menyukai alat musik tradisional.

Dalam memainkan musik gaul ini, alat musik di letakkan diatas rangka modil bekas yang telah dibuat sedemikian dan pemain berada diatas dan dibawah rangka mobil.

image

Kepiawaian anak-anak muda yang tergabung dalam sanggar seni mandilaras sangat rancak dan menhentak penuh semangat, sehingga menjadikan musik ini enak didengar. Pemain sangat piawai dalam mengalunkan tembang etnik Madura, khasidah, dangdut, dan pop.

image

DSCN3608

Kelompok ‘Mandi Laras’ dari Pamekasan, Madura tampil eksentrik, dan memukau banyak penonton dari PGRI se Jawa Timur pada peringatan Hari Guru Nasional 2011 dan HUT PGRI ke 66 dan Hari Aksara internasional di Pamekasan Madura.

 DSCN3623

Dengan alat gamelan klasik dan sederhana dan ada yang digunakan dari drum plastik bekas bahan kimia, namun dengan kepiawaian pemain Sanggar Seni “Mandilaras” drum bekaspus jadi mengalun menghentak rancak dan enak ditelinga.

DSCN3630

DSCN3627

Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment